Saturday, September 01, 2007

Shaum Bulan Sya'ban

Sangat dianjurkan kepada kita untuk memperbanyak shaum (puasa) di bulan Sya'ban. Begitu banyak keutamaan shaum ini, dan Rasulullah melakukannya.

لم يكن رسول الله صلى الله عليه وسلم لشهرٍ أكثر صياماً من شعبان، ان يصومهُ، أو عامته (صحيح سنن النسائي (2218

"Tidaklah Rasulullah SAW melakukan shaum dalam satu bulan yang lebih banyak dari bulan Sya'ban, Beliau shaum sebulan penuh atau kebanyakannya." (Shahih Sunan Turmudzi: 2218)

وعن أُسامة بن زيد رضي الله عنهما قال: قلت: يا رسول الله!ما أراك تصوم شهراً من الشهور، ما تصوم من شعبان قال: ( ذلك شهرٌ يغفل الناس عنه، بين رجب ورمضان، وهو شهرٌ ترفع فيه الأعمال إلى رب العالمين، فأُحِبُّ أن يُرفَعَ عملي وأنا صائم ) صحيح سنن النسائي (2221).

Dari Usamah bin Zaid, semoga Allah meridhai keduanya. Berkata, saya bertanya: "Wahai Rasulullah Aku tidak mendapati bulan dimana engkau melakukan shaum sebanyak bulan Sya'ban", Beliau mejawab: "Bulan Sya'ban itu bulan yang dilupakan orang banyak, ia berada diantara bulan Rajab dan bulan Ramadhan, dia adalah bulan diangkatnya amal-amal kepada Rabbil 'alamin, maka aku senang jika amalku diangkat sedangkan aku sedang melakukan shaum." (Shahih Sunan Nasai: 2221)

Sebagai bukti cinta kita kepada Allah dan turut kita kepada Rasulullah, marilah kita perbanyak shaum di bulan Sya'ban. Kita budayakan sunnah ini di tengah-tengah kita, sekaligus sebagai sarana latihan dalam menyambut tamu agung, Ramadhan yang penuh berkah.

No comments: