== Aku melihat air yang mengalir menjadi jernih ==

Wednesday, September 12, 2007

Menjaga Keikhlasan

Yang sangat penting untuk selalu kita jaga di bulan Ramadhan ini adalah keikhlasan hati kita dalam beramal. Artinya aktifitas apapun yang kita lakukan, tujuannya adalah berharap keridhaan Allah dan pahala-Nya semata-mata. Hati kita harus selalu bersih dari motivasi apapun selain Allah. Shaum (puasa), dan shalat-shalat malam yang kita lakukan semata-mata karena keimanan dan berharap keridhaan Allah, akan menghapus dosa-dosa kita yang telah lalu. Rasulullah telah menegaskan:

"Barang siapa melakukan shaum Ramadhan karena iman dan berharap balasan dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lau."

"Barang siapa yang melakukan shalat di bulan Ramadhan karena iman dan semata-mata berharap balasan dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

Tanpa keikhlasan, sebanyak apapun kebaikan yang kita kerjakan tidak ada nilainya di hadapan Allah SWT. Karena itu, mari kita bersihkan hati kita di bulan yang suci ini, agar di bulan-bulan berikutnya kita terbiasa dengan hati yang bersih dan ikhlas.

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

Home

Saifurrahman Blog
design by: Kriswantoro © April 2007