== Aku melihat air yang mengalir menjadi jernih ==

Thursday, November 01, 2007

Jangan Berhenti Mengajak

Mengajak orang lain ke jalan Allah adalah aktifitas mulia dalam kehidupan sosial. Para nabi, rasul dan orang-orang shaleh pengikut mereka menjadikan ini sebagai aktifitas hariannya. Mereka tidak pernah jemu mengajak, dengan penuh hikmah dan nasehat yang baik mereka tuntun manusia menuju jalan yang terbaik. Itulah kemuliaan derajat mereka.

Kalau kita ingin mendapatkan kemuliaan sebagaimana yang telah mereka dapatkan maka kita harus melakukan apa-apa yang telah mereka lakukan, yaitu selalu mengajak siapapun ke jalan Allah dengan segenap kemampuan.

Dalam hal ini dibutuhkan kesabaran, artinya ketika satu cara belum berhasil menyadarkan orang, kita pakai cara lainnya yang lebih baik dan berkesan. Saat siang hari tidak memungkinkan kita pakai malam hari sebagai kesempatan. Saat terang-terangan dirasa belum efektif maka secara rahasia dan kontak personal bisa dijadikan alternatif.

Intinya, sepanjang kita hidup dan dengan segenap kesanggupan yang kita miliki, kita tidak boleh berhenti mengajak orang lain ke jalan Allah. Kata henti boleh terucap jika salah satu dari kita, yang mengajak atau yang diajak sudah meninggal dunia.

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

Home

Saifurrahman Blog
design by: Kriswantoro © April 2007