== Aku melihat air yang mengalir menjadi jernih ==

Monday, October 29, 2007

Latihan Sabar

Sekian banyak nilai-nilai tarbiyah yang diberikan oleh Allah melaui sarana Ramadhan, diantaranya adalah kesabaran. Kesabaran untuk selalu taat kepada Allah, meninggalkan maksiat dan menerima semua ketetapan Allah dengan hati yang lapang.

Kita tidak boleh makan di siang hari meskipun sangat lapar dan tidak boleh minum meskipun sangat haus, tidak boleh berkata-kata dan berbuat yang tidak baik dan lain-lain. Adalah tarbiyah dari Allah agar kita menjadi orang yang sabar.

Orang yang sabar akan meninggalkan sesuatu yang dilarang oleh Allah meskipun seenarnya ia sangat ingin melakukannya. Sebaliknya ia mengerjakan segala sesuatu yang diperintahkan oleh Allah meskipun sebenarnya ia tidak suka untuk mengerjakannya. Bagi orang yang sabar, aturan Allah adalah panduan bagi gerak dan diamnya, ridha Allah adalah tujuan dalam kesehariannya.

Selain itu, orang yang sabar selalu kembali kepada Allah dalam setiap kesulitannya, menerima semua ketetapan-Nya dengan hati yang lapang, tidak larut dalam penyesalan panjang, bahkan sebaliknya ia sangat yakin bahwa di balik semua kejadian, ada hikmah dan pelajaran yang bisa diambil agar ke depan lebih baik lagi.

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

Home

Saifurrahman Blog
design by: Kriswantoro © April 2007