Friday, March 28, 2008

Memilih Perkumpulan

Seorang Ustadz ditanya tentang bagaimana memilih sebuah perkumpulan agar diri kita menjadi baik dan suka memberikan kebaikan bagi orang lain dengan perkumpulan itu.

Sang Ustadz menjelaskan bahwa sebuah perkumpulan, apapun nama dan bentuknya akan sangat mewarnai diri dan kepribadian orang-orang yang berada di di dalamnya. Jika perkumpulan itu baik maka orang-orang yang bersamanya cenderung untuk menjadi baik dan suka memberikan kebaikan bagi orang lain. Sebaliknya perkumpulan yang tidak baik, cepat atau lambat, disadari atau pun tidak, akan membawa orang-orang yang bersamanya cenderung menjadi tidak baik dan enggan memberikan kebaikan bagi orang lain.

Ibarat sebuah mobil, imbuh Sang Ustadz. Mobil yang baik dan bersih, menjadikan pengemudinya cenderung untuk selalu melewati jalan yang baik dan bersih pula, agar mobilnya tetap baik dan tidak kotor. Sebaliknya mobil yang jelek dan kotor, biasanya menyebabkan pengemudinya enggan memilih-milih jalan untuk dilalui, kepalang mobilnya sudah jelek dan kotor, alasannya.

No comments: