== Aku melihat air yang mengalir menjadi jernih ==

Wednesday, April 02, 2008

Tugas Kita Hanya Sedikit

Ada seorang teman bercerita bahwa dirinya sudah dua tahun tidak melakukan puasa wajib Ramadhan. Sementara teman yang lainnya mengaku bahwa ia enggan melakukan shalat lima waktu. Bagaimana ini?.

Kepada keduanya saya katakan bahwa sesungguhnya tugas-tugas dari Allah yang harus kita kerjakan dalam hidup ini sangatlah sedikit, itupun masih ada keringanan-keringanan bagi kita dikala sulit dan berat mengerjakannya. Sedangkan pemberian Allah kepada kita sungguh sangatlah banyak dan tidak terhitung jumlahnya.

Tentu masing-masing kita sadar bagaimana saat kita dilahirkan. Saat itu masing-masing kita miskin, tidak punya apa-apa; bodoh, tidak tau apa-apa dan lemah, tidak bisa berbuat apa-apa. Kasih dan sayang Allah-lah yang membuat kita kaya, pandai dan kuat... Coba hitung, berapa liter air ciptaan Allah yang telah kita gunakan sejak kita dilahirkan hingga saat ini?, berapa tabung oksigen yang telah kita hirup selama ini?, berapa banyak sinar matahari yang telah kita gunakan sehari-hari?, berapa banyak tumbuhan dan binatang telah kita makan?, dan seterusnya... Mampukah kita menghitung semua nikmat Allah yang telah kita rasakan?.

Pantaskah kita keberatan melakukan sholat 5 waktu yang keseluruhannya hanya butuh waktu sekitar 1 jam, sementara Allah memberikan waktu untuk kita 24 jam?. Pantaskah kita keberatan berpuasa 30 hari, sementara kita dibebaskan untuk makan dan minum selama 335 hari yang lainnya?. Mari belajar berfikir cerdas!

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

Home

Saifurrahman Blog
design by: Kriswantoro © April 2007