== Aku melihat air yang mengalir menjadi jernih ==

Tuesday, May 06, 2008

Belajar Dari Lebah

Jika makan, ia makan yang baik. Jika mengeluarkan, ia keluarkan yang baik. Jika hinggap, rangting yang lapuk pun tidak patah karenanya. Itulah lebah, dalam kehidupannya sehari-hari.

Makanan lebah adalah nektar, sari madu bunga, ini merupakan makanan terbaik. Yang keluar darinya adalah madu, pollen, royal jelly dan propolis, yang semuanya sangat berguna bagi kesehatan dan vitalitas manusia. Ketika hinggap di suatu tempat, lebah tidak pernah merusak tempat itu, tidak ada ranting yang patah, tidak ada kayu yang berlobang karenanya, justru hinggapnya pada bunga sangat membantu adanya penyerbukan. Lebah juga aktif bekerjasama antara satu dengan yang lain untuk memenuhi kebutuhan bersama, masing-masing memiliki tugas yang jelas dan bertanggungjawab penuh atas tugasnya itu. Kemudian, jika ada yang mengganggu, mengancam komunitasnya atau merusak lingkungannya, maka mereka sangat berani untuk mempertahankan diri dan menghalau ancaman tersebut.

Seperti lebah itulah seorang muslim diumpamakan oleh Rasulullah. Karenanya, ia harus selalu mengambil yang terbaik untuk dirinya, memberikan yang terbaik untuk yang lain. Aktif bekerjasama untuk mencapai kepentingan dan kebaikan bersama. Tidak merugikan pihak lain di mana pun berada. Kemudian, jika ada yang perbuatannya mengganggu, merusak atau merugikan orang lain, ia akan sangat berani untuk melawannya. Agar kerusakan tidak terus terjadi, agar kedholiman tidak merajalela di muka bumi.

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

Home

Saifurrahman Blog
design by: Kriswantoro © April 2007