== Aku melihat air yang mengalir menjadi jernih ==

Monday, October 01, 2007

Jangan Tinggalkan Yang Kecil

“Jangan tinggalkan perbuatan baik sekecil apapun, meski hanya sekedar berseri muka saat berjumpa dengan saudaramu” demikian pesan Rasulullah.

Kesempatan berbuat baik di masa hidup ini sangatlah banyak, bisa kita lakukan dimana saja dan kapan saja. Sekecil apapun perbuatan baik tidak boleh kita meremehkannya, justru kita hendaklah bersegera untuk melakukannya selagi berkesempatan. Apalagi kita tidaklah tahu pasti, mana diantara kebaikan-kebaikan itu yang diterima oleh Allah sehingga dibalas dengan yang lebih baik oleh-Nya atau menyelamatkan kita dari siksa-Nya yang sangat pedih. Demikian sebaliknya sekecil apapun perbuatan maksiat hendaklah segera kita tinggalkan. Jangan melihat kecilnya sebuah maksiat tapi hendaklah kita lihat kepada siapa kita bermaksiat. Kita harus takut, jangan-jangan maksiat yang menurut kita kecil itulah yang menyebabkan kita terhalang mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah. Atau maksiat itulah yang membuat urusan dunia dan akhirat kita menjadi sulit.

Cukuplah dua kisah Rasulullah menjadi pelajaran. Tentang seorang wanita pelacur yang masuk surga karena memberikan minum kepada seekor anjing yang sangat kehausan. Dan seorang wanita yang lain masuk neraka karena mengurung seekor kucing dan tidak memberinya makan.

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

Home

Saifurrahman Blog
design by: Kriswantoro © April 2007