== Aku melihat air yang mengalir menjadi jernih ==

Friday, October 12, 2007

Memberi Setiap Hari

Komunitas manusia di manapun berada sangat menjunjung tinggi kedermawanan. Siapa yang suka memberi pasti dicintai dan siapa yang kikir pasti dibenci. Kedermawanan tidaklah identik dengan kekayan. Ada orang yang tergolong mampu secara finansial namun ia tidak suka memberi, sebaliknya ada orang yang hidupnya pas-pasan bahkan bisa dikatakan penuh dengan kekurangan namun ia suka dan selalu memberi. Ternyata kedermawanan sangat tergantung pada kepribadian seseorang, sedangkan kepribadian sangat dipengaruhi oleh keimanan, dalam hal ini terutama keimanan tentang ketentuan rizki dari Allah untuk hamba-hamba-Nya.

Bagi seorang muslim tidak ada alasan untuk tidak menjadi dermawan. Karena Rasulullah adalah orang yang sangat dermawan; pahala memberi dilipat gandakan oleh Allah dan pelakunya dicintai; pemberian pada hakekatnya tidaklah mengurangi harta, justru dengan memberi pintu-pintu rizki makin terbuka, harta menjadi berkah dan hati menjadi bersih dari sifat-sifat tercela seperti kikir, tamak, tidak peduli dan lain-lain; bahkan setiap pagi ada dua malaikat turun ke bumi, yang satu mendoakan kebaikan bagi orang yang memberi, dan yang satu lagi mendoakan kerusakan bagi orang yang tidak mau memberi.

Mari memberi setiap hari, dan ingatlah “Tidak ada orang kaya karena kikir, sebagaimana tidak ada orang jatuh miskin karena ia suka memberi!”

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

Home

Saifurrahman Blog
design by: Kriswantoro © April 2007