== Aku melihat air yang mengalir menjadi jernih ==

Saturday, February 23, 2008

Tak Punya Tak Bisa Memberi

Ada seorang guru tidak bisa menanamkan nilai-nilai luhur kepada murid-muridnya. Ada pula seorang ayah tidak bisa menanamkan akhlak yang baik kepada anak-anaknya. Kenapa?

Jangan terburu menyalahkan sang murid, karena belum tentu ia yang bersalah!. Jangan terburu memarahi sang anak, karena belum tentu pula ia yang bersalah!. Hal seperti ini bisa jadi karena sang guru dan orang tua ingin memberikan sesuatu utuk murid dan anaknya, sementara mereka sendiri tidak memiliki apa yang akan diberikan itu. Bagaimana sang guru bisa menanamkan nilai-nilai luhur, kalau ia sendiri tidak memiliki nilai-nilai itu?. Bagaimana pula sang ayah bisa menanamkan akhlak yang baik, sedangkan ia sendiri tidak memiliki akhlak tersebut?.

Pepatah lama mengingatkan: “Orang yang tidak punya sesuatu tidak akan bisa memberikan sesuatu itu kepada orang lain”. Karena itu, apapun yang ingin kita berikan kepada orang lain, terlebih dahulu kita harus memilikinya. Milikilah nilai-nilai luhur, jika ingin orang lain berada di atas keluhuran. Milikilah akhlak yang baik, jika ingin orang lain berakhlak baik. Milikilah kejujuran jika ingin agar orang lain jujur. Milikilah keikhlasan, jika ingin orang lain ikhlas. …Milikilah setiap kebaikan, jika ingin setiap kebaikan ada pada orang lain!.

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

Home

Saifurrahman Blog
design by: Kriswantoro © April 2007