Thursday, June 28, 2007

Agar Perbedaan Terasa Indah

Terkadang perbedaan pendapat membuat seseorang tidak bisa dekat dengan yang lain. Bahkan tidak jarang kebencian, cacian, dendam dan permusuhan terjadi disebabkan adanya perbedaan pendapat.

Padahal jika tahu kuncinya, adanya perbedaan pendapat justru membuat kita bisa saling melengkapi, menyayangi dan bersinergi, sehingga hidup ini terasa semakin indah, seindah warna-warni pelangi dan aneka warna bunga di taman. Mau tahu kuncinya?.

Pertama, realita menunjukkan bahwa di setiap komunitas sekecil apapun pasti terjadi perbedaan pendapat. Semakin dicari-cari maka semakin terlihat banyaknya perbedaan antara yang satu dengan yang lainnya.

Kedua, tugas kita bukanlah menolak, mencela atau memusuhi pendapat yang berbeda, melainkan menyimak setiap pendapat yang ada, sedapat mengkin menemukan yang terbaik untuk diikuti.

Ketiga, tugas kita adalah mencari titik temu kemudian bekerjasama dalam hal-hal yang disepakati dan toleransi dalam hal-hal yang tidak kita sepakati.

Keempat, saling mencintai, menyayangi, menasehati, menolong dan meringankan beban hidup sesama adalah kewajiban setiap orang yang beriman, meskipun diantara mereka banyak terdapat perbedaan pendapat.

Kelima, sadarilah bahwa adanya perbedaan pendapat adalah kehendak Allah, jika saja Dia mau tidak ada kesulitan sedikitpun untuk menjadikan tiap-tiap kita satu pendapat dalam segala hal.

Mari ciptakan keindahan dalam perbedaan!

2 comments:

-tikabanget- said...

"perbedaan pendapat adalah kehendak Allah, jika saja Dia mau tidak ada kesulitan sedikitpun untuk menjadikan tiap-tiap kita satu pendapat dalam segala hal."

saya kutip boleh?

-tikabanget- said...

betewe, saya ngutipnya disini :D